Jumat, 11 Maret 2011

HIPOGLIKEMIA...

Penulisan ini dari pengalaman pribadi, berawal dari rencana priksa mata, abis akhir-akhir ini kok smakin ga jelas en +pusing aja pdhl dah pk kacamata.  Tapi... stlh menjalani pemeriksaan mata yg komplet ternyata ga ada mslh trus dsaranin priksa kadar gula darah.  Beberapa bulan lom jg cek gula darah, maklum khan msh liburan semesteran jd 4 a while ga berkutat ma buku2 coz it's time 4 jalan2.....
Awal bulan ini akhirnya priksa jg coz dah waktunya kuliah nich... prediksinya sih kadar gula darah tinggi coz myDad khan DM en DM khan menurun jd kemunQnan besar pasti DM jg nich.  Oh God... it's bad... ntar ga bs mkn coklat ma ice cream lg dwonk...
eng...ing...eng...

ternyata cm gt aja en bentar doank ls bs dliat hslnya en hasilnya sungguh diluar dugaan....
Kadar gula dalam darah LOW dbawah 50... gt kt bu dokter.
Fyiuh.... Syukurlah... berarti ga da larangan wat coklat en ice cream, YES!!!
eits jangan seneng dulu....
Bu dokternya kok nanya mcm2 ya...
apa badan krasa lemes?pusing?mual?
kok tau Dok... emank sich akhir-akhir ini emank sering pusing ma mual tp khan bagi pengidap maag itu emank dah biasa.... kl mslh lemes ya iya sich aplg kl abis renang.... maklum lg program renang tiap 2hr bis males mi ngegym,jauh Bo secara rumah di gunung gt loh, udah untung ada kolam renang...

Akhirnya bu dokter crita pannnnjangggg bgt jelasin ttg hipoglikemia, en dr tanya jwb yg lmyn lm, sinkatnya spt terurai dbawah ini :

Hipoglikemia adalah suatu keadaan dimana kadar gula darah hingga dibawah 60 mg/dl. Kadar gula darah normal adalah 80-120 mg/dl pada kondisi puasa,100-180 mg/dl pada kondisi setelah makan

 Gejala hipoglikemia yang sering terjadi adalah sering merasa ngantuk,lemas,dan sering sakit kepala dan hal ini tidak boleh dibiarkan berlarut-larut coz kinerja tubuh,terutam otak dan sistem syaraf,membutuhkan glukosa dalam darah yang berasal dari makanan berkarbohidrat dalam kadar yang cukup.  Otak memerlukan gula darah sebagai energi karena dalam metabolisme,tubuh kita dapat nenggunakan bermacam-macam sumber energi,misalnya lemak. Sedangkan sel-sel otak hanya dapat menggunakan sumber energi yang berasal dari karbohidratyang berupa glukosa. Oleh sebab itu,jika kadar gula darah terlalu rendah,maka organ pertama yang terkena dampaknya adalah otak eserta sistem saraf pusat. (NgeRii euy...)

Faktor-faktor penyebab hipoglikemia adalah:
    1.Pelepasan insulin yang berlebihan oleh pankreas sehingga menurunkan kadar gula darah secara cepat.
   2.Dosis insulin terlalu tinggi yang diberikan kepada penderita diabetes untuk menurunkan     kadar gula darahnya.
    3.Kelainan pada kelenjar hipofisa atau kelenjar adrenal
    4.Kelainan pada penyimpanan karbohidrat atau pembentukan glukosa di hati

GEJALANYA TIDAK MUDAH DIDETEKSI
Gejalanya memang tidak mudah dikenali karena hampir sama dengan gejala penyakit lain,seperti diabetes dan kekurangan darah (anemia).Gejala-gejala hipoglikemia antara laingelisah, gemetar,banyak berkeringat,lapar,pucat,sering menguap karena maerasa ngantuk,lemas ,sakit kepala,jantung berdeba-debar,rasa kesemutanpada lidah,jari-jari tangan dan bibir,penglihatan kabur atau ganda serta tidak dapat berkonsentrasi.

Hipoglikemia dapat menyebabkan penderita mendadak pingsan dan harus segera dibawa ke rumah sakituntuk mendapatkan suntikan sertainfus glukosa. Jika dibiarkan terlalu lama,penderita akan kejang-kejangdan kesadaran menurun.Apabila terlambat mendapatkan pertolongan dapat mengakibatkan kematian.

Hipoglikemia berbahaya dibandingkan kelebihan kadar gula darah(hiperglikemia)karena kadar gula darah yang terlalu rendah selam lebih dari enam jam dapat menyebabkan kerusakan tak terpulihkan(irreversible) pada jaringan otak  dan saraf. Tidak jarang hal ini menyebabkan kemunduran kemampuan otak.

KESADARAN MENGONTROL GULA DARAH

Hipoglikemia memang  kurang disadari oleh masyarakat  luas yang lebih mengenal penyakit diabetes sebagai akibat tingginya kadar gula darah(hiperglikemia). Padahal,hipoglikemia menjadi akibat yang paling sering terjadi jika penderita diabetes tidak memiliki pengetahuan yang cukup mengenai diet rendah gula  yang benar.kadar gula darah yang dibutuhkan oleh tubuh haruslah seimbang tidak terlalu tinggi atau rendah.Cara yang paling mudah untuk  mengetahui kadar gula darah dalam tubuh dengan cara mengecek kadar gula secara rutin.Yang dapat dilakukan di pusat pelayanan kesehatan seperti laboratorium klinik,.Puskesmas,Rumah Sakit .

Untuk menjaga agar kadar gula selalu normal,perhatikan pola makan ,olah raga ringan  secara teratur untuk membantu pembakaran glukosa menjadi nergi dan merangsang produksi insulin,hindarkan stress atau gangguan emosional lainnya dan disiplin minum obat sesuai anjuran dokter. Bagi yang jelas terkena hipoglikemia dapat menaikkan kembali kadar gula darahnya dengan mengonsumsi gula (dalam bentuk permen atau tablet glukosa),jus buah,air gula,atau segelas susu.Atau bisa juga mengkonsumsi HD Clover Honey.Madu ini mengandung fruktosa dan glukosa alami yang mudah diubah menjadi energi oleh tubuh. Kandungan fruktosanya bisa menjadi sumber energi dan aman bagi penderita diabetes sehingga tetap dapat diet tanpa terkena resiko hipoglikemia.

Tinggi rendahnya kadar gula sangat mempengaruhi kesehatan Qta. Banyak komplikasi penyakit yang berasal dari tidak terkontrolnya kadar gula darah. Oleh sebab itu periksa secara rutin dan tanamkan pola hidup sehat adalah kunci menghindari berbagai penyakit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

DIGIPAY - MARKETPLACE, TRANSFORMASI BELANJA PEMERINTAH MENUJU CASHLESS SOCIETY

  Perubahan Perilaku Belanja Pemerintah Pembayaran belanja pemerintah yang masih menggunakan transaksi tunai adalah pembayaran melalui mek...